Gempa Dan Tsunami Hantam Jepang

Setelah Selandia Baru diguncang gempa beberapa waktu lalu, kali ini gempa bumi dengan kekuatan 8,9 SR menghantam Jepang. Akibat gempa yang berkuatan dahsyat ini menimbulkan bencana susulan berupa tsunami setinggi 6 meter di Pulau Honshu. Kerusakan sangat parah terlihat dilokasi yang diterjang gempa.

Pantauan televisi menunjukkan mobil terayun-ayun air di sisi perahu yang tengah bersandar. Lembaga penyiaran, NHK memperlihatkan asap hitam mengepul dari sebuah bangunan di Odaiba, daerah pinggiran Tokyo. Kegiatan kereta cepat diseluruh utara Jepang itu dihentikan.

Badan meteorologi Jepang mengingatkan bahwa tsunami setinggi 6 Meter bisa juga menerjang pantai dekat prefektur Miyagi, daerah terdekat dengan pusat gempa. Badan itu mengatakan gempa terjadi pukul 14:46 pada (13:46 waktu Singapura) Jumat, 11 Maret 2011 di kedalaman 10 km, sekira 125 km lepas pantai timur Jepang.

Kerusakan yang ditimbulkan oleh tsunami tersebut menyebabkan banyak bangunan hancur. Namun belum ada laporan mengenai korban jiwa akibat tsunami tersebut.

Dampak gempa bumi tersebut bukan hanya dialami Jepang, namun negara lain di sekitar Asia.  Salah satunya Indonesia

The Pacific Tsunami Warning Center di Hawaii seperti dilansir Reuters, Jumat (11/3/2011), Salah satu negara yang diminta ekstra waspada adalah Indonesia. Kemungkinan gelombang besar akibat gempa bumi di Jepang bisa terjadi di Tanah Air.

Selain Indonesia, The Pacific Tsunami Warning Center juga melansir beberapa negara lain juga diminta meningkatkan kewaspadaan. Negara dimaksud adalah Rusia, Marcus Island, dan Marianas Utara. Kemudian Guam, Taiwan, Filipina, dan negara bagian Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya Jepang juga diguncang gempa dengan kekuatan 7,9 SR. Namun tidak menyebabkan gelombang tsunami.

Pos ini dipublikasikan di Internasional dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Gempa Dan Tsunami Hantam Jepang

  1. Ping balik: Gempa Jepang Dan Fenomena Supermoon | CJDW.NET

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s