Selandia Baru Diguncang Gempa

Gempa berkekuatan 6,3 skala richter mengguncang kota Christchurch di Selandia Baru, menyebabkan kerusakan parah di seluruh pelosok kota.

Sejumlah orang diberitakan terjebak di bangunan yang hancur akibat gempa. Walikota Christchurch, Bob Parker, menetapkan status darurat agar akses ke pusat kota ditutup untuk keselamatan publik sekaligus membantu regu penyelamat melaksanakan tugasnya.

Beberapa bangunan di pusat kota dilaporkan rata dengan tanah. Polisi setempat melaporkan, dua bus tertimpa reruntuhan bangunan serta terjadi kebakaran di sejumlah tempat. Banyak warga terjebak dalam bangunan yang runtuh akibat gempa bumi, hingga menyebabkan sebanyak 65 orang dilaporkan tewas.

Jaringan listrik dan saluran telepon terganggu, pipa air rusak dan menyebabkan banjir di sejumlah jalanan. Sejumlah ambulan dan kendaraan pribadi digunakan untuk membawa korban luka.

Perdana Menteri John Key mengatakan kepada parlemen, kerusakan yang terjadi sangat besar dan terjadi pada saat jam sibuk di kota itu.

Selandia Baru mengalami sekitar 14.000 gempa bumi setiap tahun, namun hanya sekitar 20 yang memiliki kekuatan di atas 5,0 skala richter. Gempa bumi terparah terjadi pada 1968 silam, dengan kekuatan 7,1 skala richter dan menewaskan tiga orang di bagian selatan negara itu.

Dampak gempa itu sangat meluas dan menghancurkan wilayah-wilayah yang dekat dengan titik pusat. Mengapa sangat merusak?

Seorang dosen di University of Canterbury Earth Sciences Professor John Townend menyatakan kepada Radio New Zealand, peristiwa gempa Selasa (22/2) ini terhubung dengan gempa sebelumnya pada 4 September 2010 lalu. Gempa susulan tidak berakhir begitu saja dan salah satunya memang bisa menjadi sebuah gempa yang besar.

Salah satu kota yang paling parah terkena dampaknya adalah Christchurch. Komposisi kota ini adalah lumpur, pasir dan kerikil dengan tabel air di bagian bawahnya. Saat terjadi gempa bumi, air naik dan bercampur dengan pasir.

Berita sebelumnya menyebutkan, titik pusat gempa berjarak 40 km dari Christchurch. Namun ahli memprediksikan, titik tersebut berjarak 20 km pada kedalaman lima kilometer. Getaran terasa hingga Ibukota Wellington dan Kota Dunedin.

Warga menuturkan, getaran gempa berlangsung selama di bawah satu menit. Gempa ini juga merupakan yang terbesar sejak gempa berkekuatan 7,1 SR pada 4 September 2010 lalu.

Pos ini dipublikasikan di Internasional dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Selandia Baru Diguncang Gempa

  1. Ping balik: Gempa Dan Tsunami Hantam Jepang | CJDW.NET

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s