Pesona Pantai Watu Ulo Dan Tanjung Papuma

Kali ini saya bicara mengenai tempat tujuan wisata pantai. Setelah sebelumnya kita bicara mengenai tempat wisata yang letaknya di pegunungan yaitu Bromo di Probolinggo, Jawa Timur dan Dieng, di Wonosobo, Jawa Tengah. Ada salah satu wisata pantai andalan di Jawa timur yaitu pantai Watu Ulo yang terletak di Kabupaten Jember.

Ada sebuah legenda, mengapa pantai ini diberi nama Watu Ulo. Konon,  pantai ini pernah menjadi tempat bertapa seekor Ulo. Dalam bahasa Indonesia, Ulo adalah Ular. Entah bagaimana asal mulanya, Ular itu kemudian berubah menjadi batu. Karena ukuran Ular tersebut relatif  panjang. Ada yang mengatakan, ekor dan separuh dari badannya berada di pantai Watu Ulo, Jember. Sementara separuh badan dan kepalanya ada di Banyuwangi.

Menuju Pantai Watu Ulo, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Lokasinya di desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu. Jaraknya kurang lebih 32 km dari kota Jember. Ketika tiba di lokasi Watu Ulo, hamparan pasir putih akan menyambut kedatangan Anda. Akan lebih terkesan istimewa, ketika Anda juga memiliki kesempatan untuk melihat desiran ombak yang sedikit demi sedikit menyapu pasir pantai. Terlebih lagi, ketika Anda juga melihat ombak menghempas batu karang yang menjorok ke tepian pantai.

Setelah Anda puas menikmati hawa segar pantai Watu Ulo dan melihat panorama alamnya, cobalah untuk melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Papuma. Lokasinya, tidak terlalu jauh karena masih berada di satu area pantai Watu Ulo. Jika menuju lokasi Pantai Watu Ulo, Anda hanya melintasi jalan lurus dan beraspal. Lain halnya dengan Tanjung Papuma. Untuk menuju lokasinya, Anda harus melintasi bukit yang berkelok. Anda juga harus lebih berhati-hati dengan tikungan tajam dan jalan licin. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, Anda dapat langsung menuju lokasi Tanjung Papuma. Namun jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan jasa penyewaan motor.

Dari puncak ketinggian Tanjung Papuma, Anda dapat melihat pesona pantai Watu Ulo. Ketika Anda tiba di lokasi Tanjung Papuma, hamparan pasir putih akan kembali menyambut kedatangan Anda. Ketika berada di Tanjung Papuma, Anda tak hanya dapat berjalan menyusuri hamparan pasir putih Papuma. Dengan menyewa sebuah perahu layar, Anda juga dapat berkeliling tepian laut Papuma.

Anda ingin melihat fenomena alam matahari terbenam ataupun matahari terbit ketika berada di Jember, Jawa Timur, Tanjung Papuma dan Pantai Watu Ulo dapat menjadi pilihan.

Pos ini dipublikasikan di Wisata dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s