Dampak Kilatan Matahari Di Indonesia

Kilatan api besar atau Flare terjadi pada Matahari beberapa pekan ini. Namun sebagaimana dikatakan para peneliti, dampaknya tidak sampai mempengaruhi wilayah Indonesia.

Dijelaskan bahwa wilayah yang terpengaruh fenomena ini hanyalah daerah lintang Bumi seperti Inggris, kutub utara, Kanada dan Rusia. Indonesia yang berada di khatulistiwa tidak terkena dampak ini. sedangkan jenis gangguan yang dialami wilayah-wilayah yang terkena dampaknya adalah gangguan sinyal komunikasi dan penerbangan.

Fenomena kilatan api ini adalah aktivitas alamiah Matahari dan tidak perlu dikhawatirkan. Kalaupun terjadi gangguan, hanya berlangsung beberapa menit saja. Dalam beberapa kasus fenomena ini menimbulkan akibat yang cukup serius. Contohnya, gangguan yang cukup besar akibat flare pernah dialami Finlandia pada 2009, yang menyebabkan mati listrik. Akibat ini bisa timbul jika terjadi induksi listrik ketika kilatan api itu sampai ke Bumi. Sedang yang terjadi kemarin, walaupun besar tapi tidak sampai membahayakan dan masih dalam batas normal.

Menurut peneliti, flare tidak dapat diprediksi kapan terjadinya. Para peneliti hanya bisa memonitor aktivitas Matahari dan memperkirakan intensitasnya apakah akan  membesar atau mengecil.

Pos ini dipublikasikan di Iptek dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s