Eksotisme Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai icon wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Kawasan ini termasuk dalam Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru yang mencakup 50.273.30 hektare dataran tinggi yang dipenuhi dengan pegunungan dan hutan yang subur. Letaknya di antara 1000-3676 M diatas permukaan laut (dpl) dengan temperature berkisar antara 3 – 20 derajat Celcius.

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Selama abad 20, gunung yang terkenal sebagai tempat wisata itu meletus sebanyak tiga kali, dengan interval waktu yang teratur, yaitu 30 tahun. Letusan terbesar terjadi 1974, sedangkan letusan terakhir terjadi pada 2010.
bromo_penanjakan
Bagi penduduk Bromo, suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Tempat yang paling banyak dikunjungi salah satunya adalah Gunung Penanjakan (2770 M dpl). Dari sini kita akan mendapat pemandangan yang sangat menakjubkan berupa Sea of Sand (Lautan Pasir) dan gunung Bromo, Batok serta Semeru yang selalu tampak mengeluarkan asap dikejauhan. Biasanya sunrise bisa dinikmati antara pukul 4.30  – 5.30 pagi.

Penanjakan ini masuk ke wilayah Pasuruan jadi jika mau ke Penanjakan dulu baru ke kawah Gunung Bromo dianjurkan untuk mengambil rute Pasuruan dibanding rute Probolinggo. Jalannya lebih mulus beraspal. Jadi kalau berani kita juga bisa bawa kendaraan kita naik ke puncak Penanjakan.Alternatif lain,sampai di pintu masuk akan banyak tersedia 4-wheel Jeep Hardtop yang siap mengantar Anda tanpa terbatas waktu. Harga sewanya disama ratakan oleh koperasi yaitu sekitar Rp 125.000,- (termasuk ke Penanjakan, Bromo, lalu kembali ke tempat parkir kendaraan kita).
lautan-pasir-gunung-bromo
Kalau lewat wilayah Probolinggo ongkos sewa yaitu Rp 200.000,-. Sesampai di desa wonotoro, kita parkir mobil kita ganti dengan 4-wheel Jeep. Jika dari Probolinggo sangat tidak disarankan membawa kendaraan sendiri yang bukan 4 wheel, apalagi pada musim kemarau, karena bahaya terperosok di lautan pasir.

Setelah melihat sunrise di Penanjakan, kita bisa lanjutkan perjalanan turun ke kaki gunung Bromo. Disana ada juga Pura tempat orang Tengger yang beragama Hindu melakukan upacara keagamaan Kasodo dibulan Oktober. Kita akan diturunkan di dekat pura dan kemudian kita harus berjalan kaki atau menyewa kuda Rp 20.000,- sampai di kaki gunung ini. Setelah sampai dikaki gunung, kita harus melewati sekitar 250 – 300 anak tangga dan sampailah kita di puncaknya. Disini bisa kita lihat pemandangan lautan pasir, pura, Gunung Batok dan kawah dengan bau belerang dari gunung Bromo ini.

Bromo memang tempat yang sangat eksotis dengan sensasi tersendiri. Berapa kalipun kita mengunjungi tempat ini tidak akan pernah merasa bosan. Mungkin tempat ini bisa dijadikan salah satu agenda wisata Anda saat berlibur.

Pos ini dipublikasikan di Wisata dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Eksotisme Gunung Bromo

  1. Ping balik: Keindahan Negeri Di Atas Awan | CJDW.NET

  2. Ping balik: Pesona Pantai Watu Ulo Dan Tanjung Papuma | CJDW.NET

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s