Ciri-Ciri Money Game!

Affiliate program sebenarnya adalah sejenis program pemasaran yang memanfaatkan konsumen/pelanggan sebagai tenaga marketing yang dalam pendistribusiannya menggunakan sistem pemasaran berjenjang.

Sebenarnya sistem ini sangat luar biasa bagus bagi mereka yang ingin mulai langsung berbisnis dengan dengan modal yang kecil namun memiliki perspektif masa depan yang cerah.

Namun kekuatan sistem pemasaran berjenjang ini sering disalahgunakan sebagai media penipuan sehingga sistem pemasaran langsung telah menuai opini negatif dari masyarakat dan menimbulkan sikap antipati. Sehingga selain ini telah menutup mata masyarakat dari manfaat yang besar dari bisnis penjualan langsung juga membuat bisnis penjualan langsung yang benar-benar murni menjadi sulit berkembang.

Karena itu artikel ini disusun sebagai bahan referensi anda untuk menentukan sikap terhadap tawaran-tawaran bisnis penjualan langsung. Terutama bisnis internet. Sumber tulisan ini sebahagian besar diambil dari website Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI—http://apli.or.id). Walau mereka lebih merujuk kepada bisnis offline, namun semoga tetap dapat menjadi bahan pengingat kita agar tidak terjerumus kedalam skema piramida atau money game.

No
Direct Selling (legal/sah)
Skema Piramida (money game)

1

Sudah dimasyarakatkan dan diterima hampir di seluruh dunia Sudah banyak negara yang melarang dan menindak perusahaan dengan sistem ini, bahkan pengusahanya ditangkap pihak yang berwajib

2

Berhasil meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan para anggotanya dari level atas sampai level bawah. Hanya menguntungkan bagi orang-orang yang pertama atau lebih dulu bergabung sebagai anggota, atas kerugian yang mendaftar belakangan

3

Keuntungan/keberhasilan Mitra Usaha ditentukan dari hasil kerja dalam bentuk penjualan/pembelian produk/jasa yang bernilai dan berguna untuk konsumen.
(namun sejauh yang kita ketahui Direct Selling juga sangat menekankan rekrutment agar level keanggotaannya meningkat. Misalnya dari silver ke gold dst yang mana nanti hitungan komisinya bisa menjadi lebih tinggi)
Keuntungan/keberhasilan anggota ditentukan dari seberapa banyak ybs merekrut orang lain yang menyetor sejumlah uang sampai terbentuk satu format Piramida.
(secara teknis, bentuk susunan jaringan downline memang berbentuk piramida otomatis. Yaitu semakin ke bawah jumlah orangnya semakin besar. Tapi maksudnya di sini adalah jumlah downline yang anda miliki harus seimbang. Misalnya kaki kiri harus 50 orang dan kaki kanan juga harus 50 orang, baru anda mendapatkan komisi yang dijanjikan)

4

Setiap orang hanya berhak menjadi Mitra Usaha sebanyak SATU KALI saja. Setiap orang boleh menjadi anggota berkali-kali dalam satu waktu tertentu, menjadi anggota disebut dengan ?membeli KAVLING?, jadi satu orang boleh membeli beberapa kavling.

5

Biaya pendaftaran menjadi anggota tidak terlalu mahal, masuk akal dan imbalannya adalah Starter Kit yang senilai. Biaya pendaftaran tidak dimaksudkan untuk memaksakan pembelian produk dan bukan untuk mencari untung dari biaya pendaftaran Biaya pendaftaran anggota sangat tinggi, biasanya disertai dengan produk-produk yang jika dihitung harganya menjadi sangat mahal (tidak sesuai dengan produk sejenis yang ada di pasaran). Jika seorang anggota lebih banyak merekrut orang lain, maka barulah ybs mendapatkan keuntungan, dengan kata lain keuntungan didapat dengan merekrut lebih banyak anggota, bukan dengan penjualan yang lebih banyak.

6

Jumlah orang yang direkrut anggota tidak dibatasi, tetapi dianjurkan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing. Jumlah anggota yang direkrut dibatasi. Jika ingin merekrut lebih banyak lagi, ybs harus menjadi anggota (membeli kavling) lagi.

7

Setiap Mitra Usaha sangat tidak dianjurkan bahkan dilarang menumpuk barang (Inventory Loading) karena di dalam jualan langsung yang terpenting adalah produk yang dibeli bisa dipakai dan dirasakan khasiat/kegunaannya oleh konsumen Setiap anggota dianjurkan untuk menjadi anggota berkali-kali dimana setiap kali menjadi anggota harus membeli produk dengan harga yang tidak masuk akal. Hal ini menyebabkan banyak sekali anggota yang menimbun barang dan tidak dipakai.

8

Program pembinaan Mitra Usaha sangat diperlukan agar didapat anggota yang berkualitas tinggi. Tidak ada program pembinaan apapun juga, karena yang diperlukan hanya rekruting saja.

9

Pelatihan produk menjadi hal yang sangat penting, karena produk harus dijual sampai ke tangan konsumen. Tidak ada pelatihan produk, sebab komoditas hanyalah rekrut keanggotaan. Produk dalam sistem ini hanyalah suatu kedok saja.

10

Setiap upline sangat berkepentingan dengan meningkatnya kualitas dari para downlinenya, kesuksesan seorang Mitra Usaha dapat terjadi jika downlinenya sukses. Keberhasilan upline ikut ditentukan dari keberhasilan down line. Para upline hanya mementingkan rekruting orang baru saja. Apakah downline berhasil atau tidak, bukanlah merupakan perhatian dari upline

11

Merupakan salah satu peluang berusaha yang baik dimana setiap Mitra Usaha harus terus melakukan pembinaannya untuk jaringannya. Tidak bisa hanya menunggu. Bukan merupakan suatu peluang usaha, karena yang dilakukan lebih menyerupai untung-untungan , dimana yang perlu dilakukan hanyalah “membeli kavling” dan selanjutnya hanyalah menunggu.

Tambahan:

Skema Piramida atau Money Game biasanya masa keanggotaanya tergantung pada format piramidanya. Jika sudah mencapai format tertentu, maka masa keanggotaannya habis. Jika mau ikut lagi, harus membeli lagi keanggotaan (kavling)nya.

Selain itu sistem piramida atau money game, sistem kerja / marketing plannya sangat rumit, tidak transparan dan sangat banyak istilah-istilah dan singkatan-singkatan.

Kebanyakan program-program money game biasanya memiliki sederetan nama-nama logam mulia untuk membedakan level membernya. Dari mulai gold, silver, ruby, diamond dan sebagainya. Walaupun belum tentu penggunaan banyak level member dan nama-mana seperti diatas dikategorikan sebagai money game.

Yang paling penting yang sangat perlu anda waspadai adalah dimana pengumpulan dana dan sistem distribusi ditangani langsung oleh pengelola program. Sebagaimana sistem arisan ibu-ibu dimana uang dikumpulkan kepada satu orang tertentu, ini sangat rentan dengan penipuan karena uangnya bisa dibawa lari.

Walaupun demikian, keputusan akhir tetap di tangan anda dalam memilih jenis bisnis direct selling yang akan anda tekuni. Artikel ini hanya sebagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang masuk mengenai money game ke inbox kami dan tidak bermaksud untuk mendiskreditkan program-program tertentu atau program manapun.

Dalam dunia penjualan langsung ada 3 (tiga) jenis sistem pemasaran

1. Single Level Marketing
Pemasaran satu jenjang. Ini adalah sistem pemasaran yang paling umum digunakan oleh program affiliasi online, terutama jika produknya merupakan sistem order. Sistem ini bisa dibilang paling aman untuk dipercayai.

2. Limited Level Marketing
Distribusi komisinya lebih dari satu level, namun juga dibatasi jumlah kedalaman level (vertikal)nya, bisa sampai hanya 5 level atau 10 level. Namun biasanya juga dibatasi jumlah downline secara horizontalnya.Sistem ini yang paling rentan dengan skema piramida atau money game. Jadi jika anda menemukan program dengan sistem level terbatas, silahkan rujuk kembali referensi di atas atau dari sumber-sumber lain.

3. Multi Level Marketing
Atau yang lebih dikenal dengan singkatannya MLM adalah sistem distribusi komisi pejualan dengan tidak ada batas levelnya. Sistem ini banyak digunakan dan memang lebih cocok untuk digunakan pada produk-produk yang sifatnya retail. Seperti produk-produk kebutuhan pribadi, kebutuhan rumah tangga atau produk-produk kesehatan. Sehingga komisi bisa diperoleh selain dari hasil penjualan pribadi juga dari hasil penjualan group.

Demikian sedikit uraian yang menjelaskan mengenai ciri-ciri money game. Semoga bisa menjadi referensi bagi dalam menentukan bisnis mana yang akan anda pilih.

Pos ini dipublikasikan di Bisnis dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Ciri-Ciri Money Game!

  1. setiawan berkata:

    artikel yang bagus untuk menghambat segala praktik money game di indonesia (terutama di intertent). saya juga sedang menulis artikel-artikel tentang money game. alih2 mau bisnis online, malah justru tertarik menulis money game karena gregetan. Boleh tanya, tentang limited level marketing ? mengapa sangat rentan money game jika menggunakan limited level marketing? saya masih kurang paham. yang saya paham, segala praktik bisnis jaringan yang mensyaratkan uang di awal (bagi member) tanpa imbal barang/jasa yang sepadan, adalah RENTAN money game. thx sebelumnya…

  2. Deva berkata:

    Artikel yang bagus. bwt nambah pengetahuan ku . makasih
    Devaronald.blogspot.com

  3. Souvenir-cantik berkata:

    Artikelnya bgs, menambah pengetahuan.

  4. Liena aifen berkata:

    Info yang sangat membantu. Bagus sekali. Jadi semakin mengerti tentang Money Game.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s