6 Cara Untuk Menampilkan Website Anda di Halaman Pertama Google

SEO / Belajar seo adalah cara-cara untuk membuat halaman web anda dapat di-index oleh Search Engine (SE) dan mendapatkan PageRank atau ranking halaman yang tinggi sehingga dapat tampil dihalaman awal SE tersebut ketika sebuah kata kunci (keyword) dimasukkan. Dengan kata lain, Belajar SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah seni dan metode untuk membuat halaman website anda “menarik” bagi search engine seperti Google dan Yahoo.

Sebagai contoh silahkan anda membuka sebuah search engine paling top saat ini di google lalu ketikkan keyword “Belajar seo” di kotak pencarian. tanpa tanda petik. Nah… hasil pencarian yang keluar adalah halaman website yang telah di-index oleh google, dan dimasukkan ke dalam database mereka.

Hasil pencarian yang muncul di halaman pertama, terutama di halaman pertama posisi 5 teratas, adalah halaman web yang dinilai oleh Google sebagai halaman website yang memiliki pagerank paling tinggi. Halaman ini juga disebut sebagai hot zone.

Sampai saat ini tidak ada orang yang tahu secara pasti apakah kriteria Google dalam menilai ranking sebuah halaman karena hal ini dirahasiakan oleh mereka, dan kriteria tersebut tampaknya selalu berubah mengikuti situasi dan kondisi yang terjadi di dunia Internet marketing.

Semua usaha untuk optimizing sebuah halaman web dilakukan berdasarkan kriteria yang pernah diterapkan oleh search engine dan dengan cara mengamati dinamika yang terjadi di dunia Internet marketing

Praktek untuk optimasi website dimulai pada pertengahan tahun 90–an oleh para webmaster (pengelola website). Pada saat itu langkah yang dilakukan oleh para webmaster adalah mengirimkan atau mensubmit alamat web (URL) mereka ke Search Engine, dan kemudian SE akan mengirimkan web crawler atau spider mereka ke website tsb, menelusuri halaman demi halaman lalu mendownload halaman tersebut untuk diindex dan disimpan ke database mereka. Selanjutnya program pengindex akan mencari informasi dalam website tersebut, untuk menentukan pagerank sesuai dengan standar masing-masing search engine.

Seiring dengan meningkatnya kompetisi di dunia bisnis online, para webmaster mulai mencari cara untuk mengakali sistem dari search engine demi memenangkan persaingan memperebutkan posisi teratas di SERP (search engine result page).

Hal ini juga memaksa search engine untuk selalu memperbaiki sistem mereka dari waktu ke waktu. Search engine merancang sistem index mereka dengan dasar beberapa faktor, antara lain:

  1. Nama domain
  2. Judul
  3. Html Tags
  4. Kata kunci yang digunakan
  5. Nama file image (alt attribute)
  6. Frekwensi update website
  7. Sitemap
  8. Kepadatan kata kuci
  9. Dll

Selain itu link dari web lain yang menuju website bersangkutan (inbound links) juga menjadi pertimbangan yang penting.

Untuk membuat website kita dapat segera di index oleh search engine, kita dapat melakukan langkah-langkah seperti berikut:

  1. Mensubmit alamat web kita ke Google
  2. Aktif di forum yang sesuai denga tema website kita (misal topik tentang belajar seo, belajar internet marketing dll), lalu membuat signature yang menunjuk ke alamat website kita. Hal ini juga berlaku untuk membuat comment di blog-blog milik orang lain dengan menyertakan alamat website di comment anda.
  3. Membuat blog di blogger atau blogspot yang sesuai dengan tema website kita, lalu membuat link yang menuju website kita – blogger.com adalah salah satu jaringan blog kesayangan google, sebuah blog baru disana dalam beberapa hari sudah diindex oleh google sehingga dengan meletakkan link kita disana crawler milik Google dapat segera mengikuti dan menemukan website kita.
  4. Membuat beberapa artikel pendek yang kemudian kita submit ke article directory, biasanya article directory menyediakan fasilitas biodata pengarang dan memperbolehkan pengarang meletakkan alamat websitenya disana, satu lagi link mengarah ke website kita.
  5. Selalu mengupdate website kita, minimal seminggu 2 kali, Google spider sangat menyukai website yang dinamis sehingga mereka akan sering berkunjung ke web anda.

Dalam Belajar SEO banyak sekali hal yang harus diperhatikan sehingga sulit untuk membuat sebuah web yang langsung sempurna SEO-nya, dengan kata lain optimasi sebuah website dilakukan secara gradual dan terus menerus berubah. Langkah-langkah diatas adalah langkah minimal yang bisa kita lakukan sembari kita terus belajar dan menambahkan optimasi secara perlahan sampai website kita benar-benar “optimized”

caksub.com

Pos ini dipublikasikan di SEO dan tag , , , , . Tandai permalink.

18 Balasan ke 6 Cara Untuk Menampilkan Website Anda di Halaman Pertama Google

  1. agus berkata:

    Thanks infonya, saya baru banget belajar blog!

  2. hendi berkata:

    thanxs for the info, aku newbie dan artikel anda bagus untuk diikuti.

  3. vj'iwan berkata:

    gimana sih cara nampilkan blog kita d internet???

  4. Pandri berkata:

    Ini dia yang gw cari-cari. Akhirnya ketemu..
    Thanks bro..

    Oia, salam kenal..
    Hehe..

  5. caramarketing berkata:

    Memang SEO butuh kesabaran dan usaha keras untuk mencapai optimal. Tapi memang tips anda sangat bermanfaat, bahasanya mudah dipahami. Sebelum melangkah ke inbound links mungkin bisa memperkuatnya dengan internal linking.

  6. Zoe berkata:

    makasih infonya

  7. yayan fajar r berkata:

    sya baru pak, ini artikel hebat.. salam kenal

  8. Wdnur berkata:

    Kok di bawah web ini banyak ya artikel yang sama persis. Kalau begitu yang mana yang asli. Bingung dah. Tentu pertanyaan ini berhubungan dengan isi yang bila mirip-mirip dengan yang paling top, google juga mengikutkannya dengan yang ngetop tadi, walaupun itu hanya copy paste. Kok bisa begitu ya?

  9. SAAT berkata:

    thanks bgt…..!!!!!!!!!!!!

  10. Harry berkata:

    Thx atas infonya !!!

  11. Cari berbagai informasi bisnis disini aja

  12. hebatnich mas….

    salam kenal ya,

    Luthfi Fuadi Majid

  13. Betta fish berkata:

    Makaci mas infonya..

  14. Ping balik: CJDW.NET » Traffic Tertarget Dalam Penjualan Online

  15. seminyak villa berkata:

    thx ya infonya..
    artikelnya n sarannya bagus bgt tuh..
    saya tuggu artikel yang lebih bagus lainya.

  16. karyoto berkata:

    TOP BGT !!! la…h

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s