Sikap Mental Pebisnis Online

Sudah sering kita lihat pebisnis online gulung tikar dan menyerah sebelum menghasilkan apa-apa. Payahnya lagi mereka seringkali menyebarkan berita buruk tentang bisnis online akibat kegagalannya sendiri. Nah, agar Anda tidak ikut-ikutan seperti mereka, maka hal-hal berikut ini perlu Anda tanamkan dalam hati sikap mental berikut jika anda ingin terjun dibisnis online.

1. Bisnis Online butuh perjuangan

Mungkin Anda tertarik pada bisnis online setelah mendengar kisah sukses mereka yang sudah berhasil. Sangat jarang memang pebisnis yang bercerita tentang jatuh bangunnya dia. Di dunia nyata mungkin Anda sering mendengar perjuangan mereka yang jatuh bangun dalam membangun usaha. Tapi di dunia maya ini, seringkali dengan sikap mental yang baik, kegagalan itu justru berubah jadi keberhasilan. Anda juga harus ingat, bahwa untuk sukses di bisnis online, butuh semangat dan perjuangan yang tak kalah besarnya dibanding di dunia nyata. Anda harus berani mencoba dan terbuka terhadap peluang. Meski begitu Anda juga harus tetap waspada.

2. Kejujuran adalah nomor satu

Transaksi di dunia maya seringkali tanpa tatap muka lebih dahulu oleh karena itu kita harus selalu menomorsatukan kejujuran. Jika kita salah, maka sesegera mungkin kita minta maaf sebelum orang lain mengetahui kesalahan kita itu. Tentu saja, permintaan maaf itu disertai dengan tindakan nyata untuk memperbaikinya. Kita juga harus secara cepat merespon setiap pertanyaan dan permohonan bantuan dari partner bisnis kita.

3. Bisnis Online juga butuh modal

Walaupun Anda sering mendengar beberapa orang yang sukses berbisnis online dengan modal nol, saya katakan mereka telah berbohong besar. Mungkin mereka memang tidak membeli hosting atau domain atau bahkan buku panduan. Tapi mereka pasti mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk mengakses internet dan belajar secara otodidak.

Maka jika anda mau terjun di dunia ini, sediakan cukup modal untuk memulainya. Besarnya memang sangat kecil jika dibandingkan bisnis di dunia nyata. Setidaknya Anda perlu punya persiapan untuk mengakses internet minimal 2 jam sehari.

4. Bisnis Online juga butuh waktu

Jika Anda pernah dengar ada pebisnis yang bilang bahwa dia bisa menghasilkan puluhan juta dalam sehari, maka perlu saya buka wawasan Anda. Sejujurnya mungkin mereka pernah mendapatkannya. Sayapun juga pernah mendapatkannya. Tapi perhatikan kata seharinya. Pendapatan itu secara kebetulan terkumpul dalam 1 hari.

Artinya di hari-hari yang lain belum tentu dia mendapatkan sebanyak itu. Jadi Anda, perhatikanlah setiap kata. Hanya itu cara waspada di bisnis online. Jika perlu ceritakan persepsi atau pandangan Anda terhadap suatu bisnis pada pemiliknya. Jika gambaran itu sama, maka boleh jadi memang itulah bisnis yang menjanjikan.

Tapi ingat semua itu butuh waktu. Waktu untuk belajar, menyesuaikan diri dan waktu untuk berubah.

5. Bisnis Online sangat cepat berubah

Ini yang sering dilupakan oleh para pemula. Saat anda terjun di dunia online, Anda harus selalu siap terhadap perubahan. Tak ada kemapanan di bisnis ini. Semua harus selalu siap bergerak dan siaga terhadap segala situasi. Bisnis yang booming bulan ini, belum tentu menghasilkan banyak di bulan depan. Banyaklah bergaul dengan komunitas bisnis online agar selalu mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi.

Nah, 5 hal itu harus selalu Anda ingat baik-baik. Sehingga paradigma/pola pikir anda tidak melenceng dari 5 pokok itu. Semoga kesuksesan segera dapat Anda raih.

Pos ini dipublikasikan di Bisnis dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Sikap Mental Pebisnis Online

  1. Bongkeng berkata:

    benar pak… mindset harus dari diri sendiri dan jangan pernah menyalahkan orang lain jika mengalami kegagalan.. karena segala bisnis online apapun itu, tentunya sistem sudah di rancang sedemikian rupa, sehingga kalau ada yg ga berhasil belum tentu sistem nya yang salah, tapi kemungkinan besar dari diri kita sendiri…
    salam sukses mas Andiq… keep blogging.
    thanks tips nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s