Prinsip Dasar Memulai Bisnis Di Internet

Pada prinsipnya untuk memulai bisnis di internet ada beberapa langkah yang harus dijalani:

Pertama menentukan ide barang atau jasa apa saja yang akan kita jual. Perlu diperhatikan pada tahap ini jasa atau produk yang dijual harus memiliki nilai tambah dibanding produk atau jasa lainnya terutama pesaing. Buatlah sebanyak-banyaknya keunggulan, keunikan, kelebihan jasa atau produk yang akan kita jual. Dalam istilah marketingnya biasa disebut USP (Ultimate Advantage, Sensational Offer, Powerfull Promise – untuk pembahasan ini bisa dicari di internet untuk lebih jelasnya). Ide bisa datang dari mana saja apakah lewat bacaan, perenungan, masalah yang timbul dan harus dipecahkan dan bisa juga mencari di internet.

Kedua menentukan target market. Kepada siapa produk ini akan kita jual atau pasarkan. Dalam bisnis internet marketing kita dapat melakukan riset dengan menggunakan key word, yaitu informasi berupa kata-kata yang paling banyak dicari orang di internet. Kita bisa menggunakan key word dari google dan produk lainnya secara gratis.

Ketiga mendesain isi web yang merupakan etalase tempat kita menawarkan dan menjual produk atau jasa yang kita jual. Mendesain web, memesan domain dan melakukan upload biasa dilakukan oleh web master dan kita bisa menyewa jasa ini ke orang lain. Anda bisa mencarinya di internet mereka yang menawarkan jasa ini. Atau jika anda telah mahir atau sedikit banyak bisa membuat web anda bisa membuatnya sendiri.

Keempat memasarkan produk atau jasa Anda ke orang lain baik dengan cara mengirim email, memasang di iklan baris atau banner yang gratis ataupun berbayar. Semakin banyak orang yang melihat web Anda semakin besar kemungkinan terjadi transaksi. Sebagai catatan disini, berdasarkan pengalaman saya pribadi bahwa konvertion rate clossing di Internet besarnya antara 0.5 – 1% dari total pengunjung. Artinya dari 1000 orang yang mengunjungi situs kita hanya 5 – 10 orang saja yang membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Semoga Bermanfaat

Sumber : Valentino Dinsi (Spiritual Entrepreneur www. valentinodinsi.com)

Pos ini dipublikasikan di Ide Bisnis dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s