Cara Memilih Nama Produk Atau Domain

Di dunia maya nama domian identik dengan nama produk, maka kita angkat lagi masalah ini. Detikcom, secara merek dikenal, karena memakai domain detik.com. Astaga! mudah diingat karena berdomain di astaga.com. Demikian pula halnya dengan Yahoo.com, Google.com, Yogyes.com, dan seterusnya.

Menurut pakar pemasaran Handi Irawan D., MBA, MCom , ada 3 hal penting dalam memilih nama produk atau merek. Saya kira ketiga hal itu juga berlaku di Internet. Ketiganya adalah:

1. Mudah diingat

Jangan pernah membuat merek yang sulit diingat. Semakin mudah nama merek diingat, semakin mudah melekat ke benak konsumen.

Hal yang sama berlaku dalam hal memilih domain di Internet. Detik.com dan Astaga.com adalah dua contoh nama lokal yang amat bagus di Internet: mudah diingat, dan…. ini yang tak kalah penting di dunia maya: kemungkinan salah ketik domain amat kecil. Ingat ! salah satu cara mengakses domain di Internet adalah dengan mengetikkan namanya di browser.

2. Memiliki relevansi dengan kategorinya

Nama produk atau merek yang relevan dengan kategorinya akan semakin mudah menancap di benak konsumen. Aqua adalah contoh yang tepat dalam hal ini. Aqua relevan dengan air. Aqua kini menjadi top mind dalam air mineral. Tapi bukan berarti merek yang tak memiliki relevansi tidak akan sukses. Kapal Api misalnya, meski tidak ada hubungannya dengan kopi, tetap saja dikenal sebagai kopi yang disukai konsumen. Sayangnya, hanya mereka yang memiliki budget promosi besarlah yang dapat melakukan hal ini. Merek Astaga.com bisa melesat luar biasa menandingi Detik.com pada awal tahun 2000-an juga karena budget promosi yang jauh di atas Detik.com. Bagi dotcomers pemula, saya sarankan untuk memilih domain yang relevan dengan kategorinya.

3. Unik

Pengertian unik menurut Handi Irawan adalah berbeda dengan pesaing. Jangan pernah membuat nama merek yang mirip nama pesaing karena akan membingungkan konsumen.

Selamat memilih nama domain!

sumber : http://www.virtual.co.id

Pos ini dipublikasikan di Website dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s